Materi Organisasi dan Arsitektur Komputer

Organisasi dan Arsitektur Komputer
David J. Scott
Departemen Statistik, University of Auckland


*      Menguraikan :
Ø  Komponen dari sistem komputer
Ø  digital sirkuit
Ø  Penyajian informasi
Ø  sistem operasi

A.    Komponen Sistem Komputer
1.      Komputer
Sebuah komputer yang bekerja memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak.
a.       Hardware : komponen komputer fisik dan elektronik
§  perangkat input
§  unit pengolahan pusat (CPU)
§  memori perangkat penyimpanan
§  output perangkat
Dihubungkan oleh jaringan komunikasi atau bus (lihat diagram).
b.      Perangkat Lunak : program yang menginstruksikan perangkat keras untuk melakukan tugas
§  Sistem operasi perangkat lunak
§  aplikasi perangkat lunak
2.      Perangkat Input
§  Keyboard
§  Mouse
§  Kamera, diam atau video
§  Mikrovon
§  Joystick, trackball
§  Lightpens, layar sentuh, bantalan digitizer, scanner optik, pengenalan suara sirkuit
3.      CPU
§  Melakukan operasi aritmatika dan logika pada data
§  Times dan mengontrol seluruh system komputer yang lebih besar memiliki CPU dengan microchip terkait beberapa disebut mikroprosesor, melakukan tugas-tugas terpisah
§  Komputer yang lebih kecil memiliki mikroprosesor tunggal
§  Kebanyakan CPU memiliki 3 bagian fungsional :
Ø  aritmetika / logika unit (ALU) untuk aritmatika dan logika operasi
Ø  penyimpanan sementara, yang disebut register untuk data, instruksi atau antara hasil perhitungan
Ø  kontrol bagian, waktu dan mengatur semua elemen dari sistem komputer, diterjemahkan ke dalam daftar pola komputer kegiatan
4.      Jam dan Clock Speed
Sebuah kali jam sangat cepat dan mengatur CPU
§  Setiap jam berdetak atau siklus menyebabkan setiap bagian dari CPU untuk memulai operasi berikutnya dan untuk tetap disinkronkan dengan bagian lain
§  Sebuah komputer cepat membutuhkan clock speed, cepat diukur dalam
siklus per detik, atau hertz (Hz)
§  Kecepatan desktop khas adalah 1 sampai 4 gigahertz (GHz) atau miliar siklus per detik
§  Operasi sederhana (misalnya menyalin) membutuhkan waktu 1 hingga 2 siklus, yang lain (misalnya divisi) sampai dengan puluhan siklus
5.      Memori-Storage Devices
Penyimpanan dapat internal atau eksternal (tambahan)
§  penyimpanan internal
Ø  Main memory atau memori akses acak (RAM)
Ø  Setiap byte dapat disimpan dan diambil langsung daripada berurutan
Ø  Terdiri dari chip memori disolder ke sirkuit cetak papan atau dipasang ke soket pada motherboard
Ø  Juga disebut membaca / menulis memori
Ø  Memori lain adalah read-only memory (ROM)
Ø  Tetap tanpa daya, digunakan untuk boot komputer dan melakukan operasi dasar
Ø  Kedua perangkat keras dan perangkat lunak: firmware
6.      Bantu Penyimpanan
Hardisk, disket, pita magnetic
  • §  Menyimpan data dan magnetis dengan mengatur kembali partikel logam pada permukaannyaØ              # Tape drive menyimpan data dalam jumlah besar, digunakan untuk membuat naik
  • §  Flash drive penyimpanan solid state elektronik, menggabungkan recordability RAM dengan kegigihan ROM
  • Disk optik menyandikan data sebagai serangkaian pit dan ruang datar, dibaca oleh laser

7.      Output Device
  • §  Tampilan video terminal (VDT) atau monitor, baik sinar katoda tabung (CRT) atau kristal cair display (LCD)
  • §  Modem (modulater-demodulator) mengubah sinyal digital untuk
analog untuk transmisi melalui saluran telepon
§ 
  • Seorang pelanggan DSL atau modem digital garis melakukan transfer jika
Saluran telepon digital
  • §  Modem nirkabel mengubah sinyal digital untuk frekuensi tinggi gelombang radio
  • §  Printer digunakan untuk hard copy

  1. Digital Sirkuit
  1. 1.      Rangkaian digital adalah kombinasi rumit dari gerbang logika
  • §  Gates biasanya diimplementasikan secara elektronis menggunakan dioda atau transistor
  • §  Sebuah gerbang logika membutuhkan satu atau lebih tingkat logika (0 atau 1, atau TRUE atau FALSE) input dan menghasilkan output logika tunggal
  • §  Ada gerbang dasar: NOT, AND, OR, NAND, NOR, XOR, XNOR, yang didefinisikan oleh tabel kebenarannya

2.      Logic Gates

§  Sebagai contoh sebuah gerbang NOT adalah inverter sederhana: dibutuhkan tunggal input dan masukan 0 menghasilkan 1, 1 masukan menghasilkan 0

§  Di bawah ini adalah tabel kebenaran untuk gerbang NOT dan simbol yang digunakan untuk mewakilinya dalam diagram sirkuit














 C. Informasi Representasi
  1. Binary Data
§  Semua data dalam komputer disimpan dalam format biner
  •  
Sedikit adalah digit biner tunggal
  •  
§  Byte adalah delapan digit biner

  • §  Ukuran dari sebuah kata bervariasi dari komputer ke computer

  • Umumnya sebuah kata adalah jumlah byte dengan modern
komputer menjadi 4 byte atau 32 bit, atau semakin 8 byte atau
64 bit


  1. Mewakili Teks
   § Data karakter biasanya disimpan sebagai satu byte per karakter
§  Hal ini memungkinkan   28 = 256  karakter yang berbeda untuk diwakiliAlpha
§  Umumnya representasi yang digunakan adalah ASCII (American
Standard Kode untuk Informasi Interchange)
§  Orang Inggris huruf (atas dan huruf kecil) dan khusus
karakter ($,%, dll) dan karakter untuk tindakan khusus seperti
sebagai NL untuk baris baru mengambil hanya 7 bit (128 karakter)
§  Salah satu penggunaan untuk 128 karakter yang tersisa adalah untuk asing
simbol bahasa ä, é, å, ç,…
§  Unicode adalah suatu standar industri menggunakan dua byte untuk mewakili
dan memanipulasi teks dalam salah satu sistem penulisan di dunia
(Latin, Cyrillic, Hangeul, Arab, Devanagari, syllabaries,
Karakter Cina) terdiri dari sekitar 100.000 karakter.
  1. Mewakili Integer
§  Mewakili bilangan desimal sebagai salah satu karakter per byte
sangat boros
§  Bilangan disimpan sebagai biner dengan pengkodean berbagai
§  Dengan konversi standar bilangan bulat desimal ke biner
bilangan bulat, dalam satu byte, angka 0 sampai 255 yang diwakili oleh
0000 0000 (2) = 0 (10) ke 1111 1111 (2) = 255 (10) dimana angka desimal dalam kurung menunjukkan dasar
§  Untuk mewakili angka lebih, gunakan byte lagi
§  Bagaimana dengan angka negatif? Gunakan 1 bit untuk tanda, memberikan
ditandatangani besarnya representasi
  1. Ditandatangani Besaran Representasi















 D. Sistem Operasi
§  Apakah yang dimaksud dengan Sistem Operasi?
Sebuah sistem operasi adalah seperangkat program komputer yang
mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak dari computer
§  Melakukan tugas-tugas dasar
Ø  mengontrol dan mengalokasikan memori
Ø  memprioritaskan sistem permintaan
Ø  mengendalikan input dan output perangkat
Ø  memfasilitasi jaringan
Ø  mengelola sistem file
§  Antarmuka ke sistem operasi dapat menjadi baris perintah penerjemah atau antarmuka pengguna grafis (GUI)
1.      Proses Manajemen
§  Setiap program adalah sebuah proses (lihat Task Manager pada Windows komputer)
§  Menjalankan beberapa proses disebut multitasking: dilakukan
oleh switching yang cepat antara program (waktu mengiris)
§  Proses ditugaskan prioritas
§  Interrupt proses didorong umumnya menerima prioritas tinggi
2.      Manajemen Memori
§  Organisasi adalah hirarkis: tercepat untuk paling lambat
§  Register, CPU cache, RAM, penyimpanan disk
§  OS mengkoordinir ketersediaan, alokasi dan dealokasi, memindahkan data antara penyimpanan
§  Keterbatasan ukuran RAM diatasi oleh sistem operasi
menggunakan memori virtual: swapping data dari disk yang diperlukan secara transparan
§  Ketika proses membutuhkan memori lebih besar daripada yang tersedia ini
dapat menyebabkan labrakan mana komputer menghabiskan seluruh waktunya
mentransfer data dan tidak melakukan pekerjaan nyata
3.      Keamanan
§  Akses ke sumber daya seperti file, system calls sensitive
§  Membedakan antara pengguna yang berbeda untuk menentukan akses ke
sumber daya
§  Terima atau permintaan jaringan untuk melarang akses: firewall digunakan
4.      Device Drivers
§  Setiap perangkat terhubung ke komputer memiliki driver perangkat
§  Kontrol interaksi antara perangkat dan computer
§  Sistem operasi menyediakan dukungan generik untuk jenis perangkat, device driver menerjemahkan operasi generic disediakan oleh sistem operasi menjadi panggilan perangkat tertentu


0 komentar:

Posting Komentar