Materi Pemrograman Multimedia


DEFINISI MULTIMEDIA :
         MULTIMEDIA berasal dari kata multi dan media [latin]
        Multi : banyak; bermacam-macam
        Media[medium] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
        Medium [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
         Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
         Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
        1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
        2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
        3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
        4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
         KOMPUTER MULTIMEDIA (Menurut wikipedia.org):
         Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer  mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information IndustryAssociation).
         Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Penggunaan Multimedia
         1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
         2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukungoleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
         3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Pergeseran Budaya Karena Multimedia
         1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.  Contoh software yang mendukung  eleworking/telecommuting: Netmeeting!
         2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
         3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
         4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
         5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
         6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Klasifikasi Media (ISO93a)
1. Perception Medium
            • Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
            • “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” -> Persepsi    informasi melalui penglihatan atau pendengaran
            • Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
Aspek pada perception medium :
         i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata
            - Kertas, layar
            - Slide show, power point
         ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
            - Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
            - Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
         iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
         time independent, discreet (text, grafis)
         time dependent , continuous media (video, audio, sinyal dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
            • Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
   • “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” -> Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
                        - Text : ASCII dan EBCDIC
                        - Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
               - Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit
               - Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
               - Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer         standard (MPEG)
3. Presentation Medium
               • Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
               • “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
               - Output : kertas, layar, speaker
               - Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
   • Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan    informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
   • “Dimanakah informasi akan disimpan?” -> microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
   • Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
   • “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” -> melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
   • Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
   • “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” -> direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
TEKS (TEXT)
         Teks adalah data dalam bentuk karakter.
         Merupakan bentuk kode ASCII.
         Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127).
         Terdapat beberapa jenis teks :
        Plain Text (Unformatted Text)
        Formatted Text (Rich Text Format)
        Hypertext
Hypertext
         Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking (Kaitan dengan teks lain).
         Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965)
         Contoh hypertext :
        HTML : Hypertext Markup Language
        XML : eXtensible Markup Language
HTML
         HTML (Hypertext Mark Up Language), merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web.
         Kemampuan  HTML yaitu:
        Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
        Mempublikasikan document secara online.
        Membuat online form -> pendaftaran transaksi secara online.
        Menambahkan object lain  seperti image, audio, video dan juga java applet.
        Mendukung link.
XML
         XML (Extention Mark Up Language).
         Merupakan satu bentuk format dokumen yang mempunyai Keunggulan dan keuntungan, yaitu :
        Simple, karena XML tidak serumit HTML, strukturnya jelas, dan sederhana.
        Intelligence, karena XML mampu menangani berbagai komplesitas markup bertingkat-tingkat.
        Portable, karena memisahkan data dan presentasi
        Fast, pencarian data cepat
        Extensible, dapat ditukar/digabung dengan dokumen XML lain.
        Linking, XML dapat melakukan linking yang lebih baik daripada HTML, bahkan dapat melink satu atau lebih poin dari dalam maupun luar data.
        Maintenance, XML mudah untuk diatur dan dipelihara, karena hanya berupa data, stylesheet dan link terpisah dari XML.
GAMBAR (IMAGE)
         Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D.
         Menurut wikipedia.org: image/picture is an artifact that reproduces the likeness of some subject—usually a physical object or a person.
         Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca, lensa, teleskop.
         Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).
         Titik merupakan suatu gambar yang di-sampling -> picture element (pixel).
         Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.
         1 bit → binary-valued image (0 - 1)
         8 bits → gray level (0 - 255)
         16 bits → high color (216)
         24 bits → 224 true color
         32 bits → true color (232)
GRAFIK (GRAPHICS)
         Wikipedia.org: Graphics are visual presentations on some surface such as a wall, canvas, computer screen, paper or stone to inform, illustrate or entertain.
         Ada 2 jenis grafik:
1.      Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah.
2.      Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya.
            Gambar vektor berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus.
         Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat dimanipulasi secara dinamis:
        motion dynamics obyek / background bergerak
        update dynamics obyek berubah bentuk, warna, dll.
FORMAT FILE GAMBAR
         Bitmap (.BMP)
        Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.
        Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes.
        File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu.
        File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka  gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dan lain-lain.
        File BMP tidak bisa (sangat jarang) digunakan di web (internet) karena ukurannya yang besar.
         Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)
        Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini.
        Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.
        File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto.
        File ini bisa digunakan di web (internet).
         Graphics Interchange Format (.GIF)
        Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).
        Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.
         Portable Network Graphics (.PNG)
        Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar.
        Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus.
        Tidak mendukung animasi (gambar bergerak).
         Format lain :
        TIFF (Tagged Image FileFormat),
        ICO (Icon),
        EMF (Enchanced Windows Metafile),
        PCX, ANI (Animation),
        CUR (Cursor),
        WBMP (WAP BMP),
        PSD (Adobe Photoshop Document), dan
        CDR (Corel Draw).
SOFTWARE TEKS, GAMBAR & GRAFIK
         Sasaran utama paket komputer berbasis multimedia, antara lain :
1.      Pengolah /manipulasi tekstual (data dalam bentuk string disimpan dalam bentuk string juga)
         Pemilihan : font, ukuran, simbol dan karakter
         Perawarnaan, style huruf
         aligment, spasi, numbering     
         Replace/find text.
2. Paket pengilah grafis harus mampu:
         Menentukan koordinat x dan y, serta warna
         Penggantian warna, penghapusan pixel
         Membuat, menyimpan obyek
         Memindahkan obyek,mengkopi obyek
         Mewarnai isinya
         Dirotasi, flip
         Contoh-contoh software :
1.      Paint
2.      Microsoft Office Professional Edition 2003
3.      Adobe Photoshop CS2
4.      Corel Draw Graphics Suite 12
5.      Star Office 2007
6.      Acdsee 8 Photo Manager

Definisi Suara :
         SUARA (SOUND)
         Suara adalah
        fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda
        getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu
         Suara berhubungan erat dengan rasa “mendengar”.
         Suara/bunyi biasanya merambat melalui udara.
         Suara/bunyi tidak bisa merambat pada ruang hampa
Suara mempunyai kaitan erat dengan :
 -Frekuensi
            - Banyaknya periode dalam 1 detik
            - Satuan : Hertz (Hz) atau cycles per second (cps)
            - Panjang gelombang suara dirumuskan :
            Wavelength = c/v
            - Dimana c = kecepatan rambat          bunyi
            - Dimana f = frekuensi
Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi:
Frekuensi
Jangkauan
Infrasound
0 Hz – 20 Hz
Pendengaran manusia
20Hz – 20 KHz
Ultrasound
20KHz – 1 GHz
Hypersound
1GHz – 10 THz

Contoh-contoh software pemutar music :
        Winamp, RealPlayer, Windows Media Player, KMPlayer, QuickTime, XMMS, ZoomPlayer, JetAuido, SoundForge, dbPowerAmp, MusicMatchJukeBox, ITunes.
Definisi  Video
         Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.
         Menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.
         Digital video adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dalam hal representasi videonya.
         Digital video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD.
Kelebihan Video digital :
         Interaktif. Video digital disimpan dalam media penyimpanan random contohnya magnetic/optical disk. Sedangkan video analog menggunakan tempat penyimpanan sekuensial, contohnya magnetic disc/kaset video. Video digital dapat memberikan respon waktu yang cepat dalam mengakses bagian manapun dari video.
         Mudah dalam proses edit
         Kualitas: sinyal analog dari video analog akan mengalami penurunan kualitas secara perlahan karena adanya pengaruh kondisi atmosfer. Sedangkan video digital kualitasnya dapat diturunkan menggunakan teknik kompresi.
         Transmisi dan distribusi mudah karena dengan proses kompresi, maka video digital dapat disimpan dalam CD, ditampilkan pada web, dan ditransmisikan melalui jaringan.
Camcorder
         Camcorder merupakan alat untuk menghasilkan video digital
         Camcorder terdiri dari camera dan recorder (untuk merekam Gambar video dan audio).
         Macam-macam camcorder: miniDV, DVD camcorder, dan digital8.
Camcorder terdiri dari 3 komponen:
         Lensa : untuk mengatur banyak cahaya, zoom, dan kecepatan shutter
         Imager : untuk melakukan konversi cahaya ke sinyal electronic video
         Recorder: untuk menulis sinyal video ke media penyimpanan (seperti magnetic videotape)
Representasi sinyal video
         meliputi 3 aspek
1.      Representasi Visual
2.      Transmisi
3.      Digitalization
         Representasi Visual
1.      Tujuan utamanya adalah agar orang yang melihat merasa berada di scene (lokasi) atau ikut berpartisipasi dalam kejadian yang ditampilkan.
2.      Syarat utamanya gambar harus dapat menyampaikan informasi spatial dan temporal dari suatu scene.
         Transmisi
1.      Sistem broadcast menggunakan channel yang sama untuk mentransmisikan gambar berwarna maupun hitam putih.
2.      Untuk gambar berwarna sinyal video dibagi menjadi 2 sinyal, 1 untuk luminance dan 2 untuk chrominance. Sehingga  masing-masing sinyalharus ditransmisikan bersama-sama (composite video signal).
         Digitalization
1.      Dalam aplikasi multimedia sinyal video harus diubah ke dalam bentuk digital agar dapat disimpan dalam memory komputer dan dapat dilakukan pengeditan.
2.      Sampling rate: mencari nilai resolusi horisontal, vertikal, frame rate untuk disample.
3.      Quantization: melakukan pengubahan sampling sinyal analog ke digital.
Format Video
         Digital Video Compressed
        CCIR-601 untuk broadcast tv.
        MPEG-4 untuk video online
        MPEG-2 untuk DVD dan SVCD
        MPEG-1 untuk VCD
         Analog / Tapes Video
        Betacam: format untuk broadcast dengan kualitas tertinggi.
        DV dan miniDV untuk camcorder
         ASF (Advanced System Format)
        Dibuat oleh Microsoft sebagai standar audio/video streaming format
        Bagian dari Windows Media framework
        Format ini tidak menspesifikasikan bagaimana video atau audio harus di encode, tetapi sebagai gantinya menspesifikasikan struktur video/audio stream.
        Berarti ASF dapat diencode dengan codec apapun.
         MOV (Quick Time)
        Dibuat oleh Apple
        Bersifat lintas platform.
        Banyak digunakan untuk transmisi data di Internet.
        Software: QuickTime
        Memiliki beberapa track yang terdiri dari auido, video, images, dan text sehingga masing-masing track dapat terdiri dari file-file yang terpisah.
         MPEG (Motion Picture Expert Group)
        Merupakan file terkompresi lossy.
        MPEG-1 untuk format VCD dengan audio berformat MP3.
        MPEG-1 terdiri dari beberapa bagian:
         Synchronization dan multiplexing dari video and audio.
         Compression codec untuk  non-interlaced sinyal video.
         DivX
        Salah satu video codec yang diciptakan oleh DivX Inc.
        Terkenal dengan ukuran filenya yang kecil karena menggunakan MPEG4 Part 2 compression.
        Versi pertamanya yaitu versi 3.11 diberi nama “DivX ”
        DivX bersifat closed source sedangkan untuk versi open sourcenya adalah XviD yang mampu berjalan juga di Linux.
         Windows Media Video (WMV)
        Codec milik Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2
        Software: Windows Media Player, Mplayer, FFmpeg.
        WMV merupakan gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres, dapat berekstensi wmv, avi, atau asf.
Software Pemutar Video
         QuickTime
         Windows Media Player
         ZoomPlayer
         DivXPro,
         RealOne Player
         Xing Mpeg Player
         PowerDVD.
Animation
         Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.
         Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah.
         Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotografi atau dari gambar lukisan.
Jenis-jenis Animasi
         Animasi mempunyai beberapa jenis, yaitu :
1. Animasi Cel = Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahuntahun awal animasi.
2. Animasi Frame = Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana.Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
3. Animasi Sprite = Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.
4. Animasi Path = Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.
5. Animasi Spline = Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.
6. Animasi Vektor = Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
7. Animasi Character = Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan.Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.
Ada 3 kategori bahasa animasi:
         1. Linier-list Notations. Semua event dalam animasi ditulis dengan sebuah awal dan akhir nomor frame dan sebuah aksi yang akan dilakukan pada suatu koordinat tertentu.
         2. General Purpose Language. Dilakukan dengan menempelkan animasi pada bahasa pemrograman biasa. Nilai dari variabel pada bahasa pemrograman tersebut dijadikan sebagai parameter untuk prosedur, untuk membuat animasi.
         3. Graphical Language. Graphical Language adalah bahasa visual yang mampu memvisualisasikan aksi dari perintah-perintah untuk membangun animasi.
Anime
         Animasi buatan Jepang.
         Anime biasanya menggunakan tokoh-tokoh karakter dan background yang digambar menggunakan tangan dan sedikit bantuan komputer.
         Cerita anime biasanya bermacam-macam jenis (adventure, science fiction, children, romance, medieval fantasy, erotica/hentai, horror, action, dan drama), memiliki banyak tokoh cerita, dan ada yang dibukukan dalam bentuk komik (atau disebut manga) dan disiarkan di televisi dan video, bahkan ada yang dibuat game-nya
Genre anime:
         Bishojo = 'beautiful girl', digunakan untuk mendeskripsikan anime yang menceritakan tentang karakter gadis cantik yang gagah.
         Bishonen = 'beautiful boy', digunakan untuk mendeskripsikan anime yang menceritakan tentang pemuda tampan dan elegan.
         Ecchi = 'indecent sexuality'. Seperti: humor seks remaja.
         Hentai = 'abnormal', 'perverted', digunakan untuk meracu pada pornografi.
         Josei = 'young woman', Anime yang bercerita tentang wanita muda. Jarang ada, contoh dorama (drama) adalah Oshin,
         Kodomo = 'child', anime yang ditujukan untuk anak kecil. Contohnya: Doraemon.
         Mecha: anime yang menceritakan tentang robot raksasa.
         Moé: anime tentang karakter yang sangat gagah atau cute, Contohnya: Naruto.
         Seinen: anime yang ditargetkan untuk pemuda atau pria dewasa.

1 komentar:

Ringkasan mengatakan...

Terimakasih.. tulisannya sangat membantu..
My blog
My Campus

Posting Komentar